Jumat, 30 Desember 2011

Teknologi dalam Balutan Budaya Indonesia

Diposting oleh miss_eka di 12/30/2011 03:58:00 PM

           Luar biasa! 
Satu kata yang pantas kita sematkan untuk perkembangan teknologi Indonesia. Begitu banyak kemudahan yang kita rasakan berkat perkembangan teknologi di dalam kehidupan saat ini. Mulai dari teknologi di bidang komunikasi, pendidikan, kesehatan, hiburan, bahkan kebutuhan rumah tangga, dan bisnis, semuanya mempunyai kemajuan dalam bidangnya masing-masing.
                       
            Berbicara tentang teknologi, kita akan tertuju pada salah satu media yang sedang marak di berbagai kalangan, yaitu internet. Berbekal sebuah komputer yang dikoneksikan dengan akses internet, kita mampu menjelajahi berbagai belahan dunia tanpa mengeluarkan banyak biaya. Apalagi hadirnya fasilitas internet nan murah semakin mengakrabkan kita
dengan segala hal dari negara luar.
           
            Hadirnya budaya dari negara lain semacam Amerika atau Korea bisa saja menjadikan generasi muda untuk mengikuti tren dari negara tersebut. Mulai dari cara berpakaian, berbicara, kebiasaan dan hobi pun sangat  mudah menjadi tren di kalangan kita. Hal ini tentu saja akibat popularitas dari negara tersebut yang gaungnya begitu mendunia. Kita tentu ingat kasus pengambilan hak milik beberapa budaya kita oleh negara tetangga. Tegakah kita melihat satu per satu budaya kita diambil oleh negara lain dengan mudahnya hanya karena kita tidak bisa melestarikan budaya akibat terlalu serius mempelajari dan mengikuti budaya negara lain?

             Kiranya keberadaan tren dari negara lain yang begitu heboh mampu menjadi ancaman bagi budaya kita sendiri. Tidak sedikit anak muda Indonesia yang enggan menggunakan bahasa daerahnya hanya karena takut dikatakan kuno. Namun, tanpa kita sadari hal itulah yang menjadi akar hilangnya generasi penerus warisan budaya kita. Kalau bukan kita yang melestarikan budaya semacam bahasa daerah, tari-tarian dan lain-lainnya, lalu siapa lagi?
           
            Kita mungkin berpikir dengan tidak mampunya diri kita menguasai warisan budaya tidak akan berpengaruh terhadap kelestarian budaya. Namun, jika semua orang berpikiran seperti itu, dimanakah kita bisa menemukan warisan budaya yang ditinggalkan oleh leluhur kelak? Kita harus menyadari bahwa kitalah harapan untuk melestarikan budaya. Bukan hanya batik, Rasa Sayange, Angklung, atau Tempe yang perlu kita lestarikan. Sebab Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman budayanya yang tidak dimiliki oleh negara lain.
           
            Mudahnya pemanfaatan teknologi internet mampu kita manfaatkan untuk melestarikan budaya agar semakin dikenal dan populer. Memanfaatkan situs yang sedang marak saat ini sangat mampu mendukung pelestarian budaya. Di Facebook misalnya, kita bisa memasang foto profil berlatar pemandangan unik nan indah yang tidak dimiliki negara lain. Selain itu kita bisa menggunakan fasilitas Fan Page di FB untuk membuat halaman khusus kebudayaan Indonesia.

            Melalui blog, kita bisa memposting berbagai tulisan yang mempromosikan budaya kita agar semakin menarik bagi masyarakat Indonesia ataupun masyarakat luar. Tak lupa pula kita pasang berbagai aksesoris blog khas Indonesia, contohnya menggunakan template yang bernuansa batik atau kain khas dari Indonesia lainnya. Tambahkan pula dengan berbagai gambar yang mencirikan kebudayaan Indonesia lengkap dengan bahasa serta istilah unik dan bermakna khas Indonesia. Bila memungkinkan kita buat jejaring sosial berbahasa daerah.

            Kita memang harus membuka diri terhadap dunia luar. Namun kita juga harus tetap mencintai dan melestarikan budaya bangsa. Sebab, kitalah yang menjadi harapan akan pelestarian budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia. Semoga beberapa upaya tersebut bisa menambah kecintaan kita pada kebudayaan Indonesia.

0 komentar:

Tayangan halaman minggu lalu

Pengunjung Eka ^_^

 

Mind of eka Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea