Rabu, 07 Maret 2012

Hari-Hari Menuju Skripsi #Part 1

Diposting oleh miss_eka di 3/07/2012 06:48:00 PM
Mungkin bukan sesuatu yg spesial ketika membaca tulisan ini. Tp perlu kau tahu kisah yg akan terurai kali ini dan seterusnya akan menjadi kisah paling berharga bagi yang pernah menuliskannya :)


Maret 2012

Tak terasa 2012 sudah memasuki bulannya yg ke-tiga. Kau tahu bagaimana perasaan saya? Hemm,, rasanya cukup saya dan Allah yg tahu. 
Saat ini sy sudah memasuki semester ke-delapan.. Ini masa2 akhir dan puncak dlm menggapai gelar S1. Sudah tidak ada lagi aktivitas perkuliahan di dalam kelas seperti semester 2 yg lalu. Ahh... gedung C, betapa aku sangat merindukannya. hahha, siapa menyangka, bahwa sy akan serindu ini pd gedung C. Lebay membaca tulisan ini? Biarlah, anggap sj ini cara saya untuk membayar rindu itu.

Semenjak masa KKP-PPL berakhir, dunia perkuliahan sy memang berubah. Nyaris setiap saat hanya fokus pada satu permasalahan yg sy angkat sebagai judul penelitian akhir. Kalau dipikir2, sya memang lamban dlm menyelesaikan ini. Waooww sudah Maret, you know? 
Dan target sy adalah April ckck.. Sebagian pasti tertawa, mana mungkin dengan jarak sesingkat itu kau bisa menyelesaikannya miss eka?


Tetapi satu kesyukuran, bahwa masih ada orang-orang yg selalu menyemangati sy, dan percaya sy bisa menaklukan rintangan ini. Sy memang belum tahu, kapan akan menyelesaikan Tugas Akhir ini. Tapi sy tak mau pusing dg cibiran orang. Yakin ! Yakk, sy harus benar-benar yakin bisa melakukannya. Kalaupun tidak berhasil, berarti Allah swt punya takdir yg lebih indah dan lebih tepat untuk saya tentunya ^_^

Episode ini sy mulai dr proses Acc judul untuk penelitian. 
Setelah melalui proses yg lucu-lucu menegangkan akhirnya sy memutuskan tiga usulan judul, meliputi:
  • analisis penggunaan bahasa penyiar radio RRI dlm acara *tiiiiitt
  • Korelasi antara kebiasaan membaca siswa dengan kemampuan membaca pemahaman siswa di sekolah *tiiiittt
  • Kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan teks wawancara di sekolah
    *tiiiitt
Hahha...sensorin aja yaa... Setelah melalui perdebatan sengit, bercucuran peluh, hingga menguras seluruh emosi dan jiwa raga dengan Penasehat Akademik sy tercinta akhirnya judul yg disetujui adalah > yang nomor Tiga :)

Alesannya adalah, hahha biar sy yg tahu.. Intinya sy yakin itulah judul yang dosen sy percayakan untuk sy tuntaskan menjadi sebuah skripsi alias Karya Tulis sy yg pertama kelak.

setelah itu hari-hari menyusun proposalpun di mulai. Yah, agak lama sih. sebab sy orangnya malas dan banyak godaan melanda. Ambisi untuk mengikuti kompetisi menulis memanggil-manggil untuk diikuti. Dasar emang org gila, akhirnya proposal sy baru kelar ketika menginjak Februari hahha lama booo *

Saat ini Proposal sedang saya kerjakan. Revisi demi revisi saya jalani dg penuh semangat. Konsul demi konsul sy jalani dg H2C. Apalagi proses konsul ke rumah PA sy harus menempuh perjalanan yg cukup asing melewati jalanan gelap berliku yg cukup menggetarkan bulu kuduk.. hahhaa

Saat ini Acc dari pembimbing dua sudah sy kantongi. Tinggal satu pembimbing lagi dan perjuangan akan segera dimulai piu-piu.. Tak tahulah, yang pasti dengan ucapan bismillah sy berusaha menikmati segala proses ini. Terimakasih tak terhingga untuk teman-teman yang banyak emmberi support dan pinjaman buku-buku referensi yakk.. Buat Teteh Lilis Amanah cantikk, buat Dewi yg Lagi berjuang KKP di STM, dan semua yg tak dapat sy sebut satu-satu Buat The Kwilaers... Ups buat Nono yg juga kerap meminjamkan kartu perpusda hihii..serta alif yg menjadi partner berjalan di tengah gulita hahha.. Emm buat Bety, yg banyak memberi masukan2, maaf Bet sy meninggalkan satu masalah yg cukup membebanimu.. Buat Cintia, buat eka, haha yg selalu bisa memberi penyegaran otak,,,

Wwkwkk..semua tidak akan sy lupakan.. semua adalah awal menuju skripsi sy.. Mungkin kalian berpikir, apa-apaan sih menceritakan proses ini... atau mungkin kalian menganggap sy Lebay dosis tinggi, huh Whatever.. 
sy sudah tak ingin membuang waktu memikirkan cibiran orang.. Bagaimanapun hasilnya, saat ini sy hanya ingin fokus..fokus dan fokus.. Yeayy..selamat berjuang semua..
Intinya bubye Kegalauan untuk Mahasiswa Tingkat akhir, Stopped It! Mahasiswa Tingkat Akhir juga manusi, punya salah dan tidak sempurna. Tugas kita hanya satu: Menyelesaikan tugas dengan tulus ikhlas dengan usaha maksimal. Apapun yg orang katakan tentang penelitianmu, jangan khawatir. Saya pikir, akhirnya judul menjadi tak penting jika hanya menjadi tolak ukur kemampuan seseorang. Percuma punya penelitian hebat kalau akhirnya full off rekayasa.. Rekayasa dikit, tak apalah hihiii... 

Intinya jika dikerjakan dengan maksimal, semua pasti memberi pelajaran berarti untuk melangkah ke kehidupan yang sesungguhnya..

0 komentar:

Tayangan halaman minggu lalu

Pengunjung Eka ^_^

 

Mind of eka Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea